Kamis, 21 Juni 2012

Cari Tahu Lebih Banyak Tentang Windows Phone 8

Platform Windows Phone yang didukung eksklusif oleh Nokia kini semakin berkembang. Microsoft baru saja mengumumkan kehadiran Windows Phone 8 yang memiliki banyak fitur baru yang canggih.

Jika Windows Phone 7 dirancang dari dasar, lain halnya dengan Windows Phone 8 (WP8). Microsoft mengatakan, banyak teknologi Windows 8 yang diadopsi oleh WP8. Teknologi yang dimaksud adalah browser, jaringan, keamanan dan pengaturan media.

Deretan fitur baru yang ditawarkan Windows Phone 8:
Dukungan prosesor multi-core
Banyak orang bertanya mengapa smartphone Windows Phone saat ini hanya dilengkapi prosesor single-core. Sebagai jawabannya, kini Windows Phone 8 mendukung prosesor dual-core dan quad-core.

Resolusi layar lebih tinggi
Kini WP8 mendukung dua resolusi layar yang baru 1280x768 dan 1280x720 pixel. Berarti ada dua rasio yang didukungnya yaitu 15:9 dan 16:9. 

NFC Wireless Sharing
Berbagi kontak, dokumen dan foto kini dapat dilakukan hanya dengan menempelkan telepon WP8 ke telepon WP8 lainnya. 

Wallet
Dompet digital baru ini dapat menyimpan kartu kredit, kartu debit, kupon, boarding pass dan informasi lain yang biasa muncul dalam bentuk kartu atau kertas di dalam ponsel WP8. Wallet sepertinya selangkah lebih maju dibandingkan Apple Passbook yang akan hadir di iOS6, apalagi diperkuat metode pengamanan kartu SIM dari operator. 

Tentunya Wallet hanya dapat digunakan pada toko-toko yang memiliki alat untuk membacanya. Jadi sepertinya masih belum dapat digunakan di Indonesia dalam waktu dekat.

Peta dan navigasi lebih baik
Microsoft kini menggunakan teknologi pemetaan dari Nokia (NAVTEQ) di dalam Windows Phone 8. Dengan peta dari Nokia ini, Anda akan mendapatkan panduan navigasi dan peta langsung dari telepon, tanpa membutuhkan koneksi Internet.

Internet Explorer 10
Windows Phone versi terbaru ini akan menggunakan mesin penjelajah web yang sama seperti yang digunakan di PC dan tablet Windows 8. Microsoft mengklaim bahwa IE10 akan lebih cepat dan lebih aman, dengan adanya fitur SmartScreen Filter untuk mengenali situs dan malware berbahaya. 

Layar Start baru
Layar utama Windows Phone yang dinamakan Live Tiles telah disempurnakan. Ukuran bisa disesuaikan, pilihan warna lebih banyak. Pengguna dapat menentukan informasi mana yang ingin ditampilkan lebih besar atau lebih kecil di layar utama.

Selain itu, WP8 juga mendukung penyimpanan data di media eksternal seperti microSD card. Microsoft juga memperkenalkan beberapa fitur keamanan baru seperti Device encryption yang dapat mengunci semua data di perangkat WP8, Remote Management untuk pengaturan aplikasi dan perangkat dari jauh, serta dukungan protokol United Extensible Firmware Interface (UEFI) yang membantu melindungi ponsel dari malware. 

WP8 juga mendukung lebih dari 50 bahasa, atau dua kali lebih banyak dibandingkan WP7.

Untuk hardware, smartphone Windows Phone 8 generasi pertama akan datang dari Nokia, Huawei, Samsung dan HTC. Semua ponsel tersebut akan menggunakan chip dari Qualcomm.

Tertarik beralih dari telepon seluler Anda yang sekarang?

Lihat jugaGaleri lengkap Windows Phone 8

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar